Langsung ke konten utama

Marketing Insight, Apa dan Bagaimana?

 

Apakah kamu pernah mendengar istilah insight? Mungkin sebagian dari kamu sudah pernah mendengar istilah ini, namun belum mengetahui apa arti dan maksud yang terkandung di dalamnya, kan? sebelum kita mulai membahas terkait hal tersebut, ada baiknya jika kita melihat dulu arti yang dimilikinya. insight adalah sebuah pemahaman yang mendalam tentang sesuatu dan selalu muncul, serta kemudian akan dijadikan tujuan atau acuan utama dan paling dipercaya.

Jika kita ingin membuat bisnis baru maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu business goal. Pada business goal itu sendiri kita harus menganalisa apakah produk dari bisnis kita dapat diterima oleh pasar atau tidak oleh masyarakat, kemudian apakah pasar yang menjadi target kita senang dengan produk kita sehingga terjadi repeat buyer dan merekomendasikan ke orang disekitarnya sehingga menghasilkan suatu profit bagi bisnis kita.

A. Memahami Kebutuhan Pasar


Bagaimana cara agar produk kita diterima oleh pasar sehingga bisa menghasilkan profit bagi bisnis kita ?. Terdapat 3 kata kunci dalam memahami kebutuhan pasar, yaitu :

1. Relevant, kita harus menganalisa produk apa yang relevant dengan keadaan pasar kita saat ini sesuai dengan kategori produk yang akan kita buat. Contohnya : trend yang sedang berkembang adalah bisnis minuman kopi, nah dari situ kita dapat analisakan bahwa produk yang sedang berkembang adalah bisnis minuman kopi.

2. Appealing, Kita harus menganalisa produk apa yang menarik, disukai, dan dibutuhkan oleh pasar pada saat ini. Contohnua : Pasar sedang menyukai produk-produk yang berasal dari korea.

3. Suitable, Kita harus menganalisa produk yang seperti apa yang cocok atau sesuai dengan kondisi pasar pada saat ini. Contohnya : pada saat pandemi ini banyak orang yang di PHK sehingga keuangan menjadi terganggu, disaat seperti inilah kita harus menganalisa produk apa yang sesuai dan dengam harga berapa produk tersebut dijual sehingga sesuai dengan kebutuhan pasar saat ini.

B. Market Research Merupakan Strategi Mendasar Dari Insight


Terdapat beberapa cara untuk melakukan research insight bagi pasar :

1. Qualitative Research

a. Observasi, melihat trend dan produk apa yang paling banyak dibutuhkan oleh pasar saat ini.

b. Etnogtaphy/Netnography, dengan cara mengamati prilaku konsumen di dunia online.

2. Qualintative Research

a. Online survey, bisa melakukannya dengan menggunakan kuisioner menggunakan google form, yang dimana target surveynya adalah para pengguna bisnis online ataupun media online tertentu.

b. Sentiment Analysis, digunakan untuk melihat sentiment dari konsumen bagaimana penilaian mereka terhadap produk kita, apakah menyukai atau tidak menyukai.

3. Sosial Media Listening

Untuk sosial media listening adalah dengan mengamati perkembangan pasar yang terjadi disosial media tertentu sehingga menjadikan sebuah trend baru yang bisa menjadi tolak ukur dalam pengembangan produk kita.

C. Kapan Waktu Untuk Memulai Bisnis


Untuk mulai bisnis kita bisa melakukannya kapanpun, tidak perlu menunggu produk sempurna sesuai dengan trend pasar saat ini, karena jika kita menunggu maka akan muncul Kembali trend pasar yang baru, sehingga kita dapat tertinggal Kembali dengan trend yang terbaru dan alhasil kita tidak akan jadi untuk memulai bisnis kita.

Dengan memulainya terlebih dahulu maka kita bisa sekaligus melakukan adaptasi experiment serta pengembangan pasar dengan metode-metode yang sudah kita bahas tadi sehingga kita bisa mengeluarkan suatu produk bisnis tetapi kita bisa tetap mengembangkan sesuai dengan trend yang ada.

Kesimpulan dari materi diatas adalah bagaimana kita bisa menyikapi trend yang sedang berkembang saat ini dengan menggunakan metode-metode market insight yang sudah dibahas tadi sehingga menjadikan suatu Analisa untuk kita bisa mengembangkan suatu produk yang bisa sesuai dengan market place yang kita gunakan sehingga kita terus memenuhi kebutuhan pasar yang sesuai dengan trend yang sedang berjalan.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial Business Plan dari Business Model Canvas

Sebelum membahas cara atau langkah dalam membuat Business Plan dari Business Model Canvas , sebaiknya Anda juga mengetahui tiga hal tentang pembuatan Business Plan dari Business Model Canvas yaitu harus dibuat secara ringkas, memiliki visi dan misi yang kuat, serta target audiens yang jelas. Setelah mengetahui tiga hal tersebut, maka Anda bisa mulai membuat Business Plan dari Business Model Canvas. Dalam membuat Business Plan dari Business Model Canvas tentu memiliki elemen-elemen penting yang akan mempengaruhi kualitas Business Plan dari Business Model Canvas itu sendiri. Agar lebih terarah, berikut cara membuat business plan yang baik dan benar. A. Membuat Executive Summary Executive summary atau ringkasan eksekutif adalah bagian penting dari business plan karena berisikan segala hal terkait bisnis yang hendak dijalani. Elemen-elemen yang ada pada executive summary tersebut adalah seperti bisnis apa yang akan dibuat, kapan rencana akan beroperasinya, dimana lokasi bisnis aka...

Digital Marketing

Perkembangan teknologi pada umumnya dan khusunya teknologi digital mengalami perkembangan yang sangat pesat pada dekade terakhir ini, bahkan era terakhir belakangan ini juga disebut sebagai sebutan ’era digital’. Pada era digital seperti ini, manusia secara umum memiliki gaya hidup baru yang tidak bisa dilepaskan dari perangkat yang serba elektronik. Teknologi digital menjadi alat yang mampu membantu sebagian besar kebutuhan manusia.  Teknologi digital digunakan oleh manusia untuk mempermudah melakukan apapun tugas dan pekerjaan. Peran penting teknologi digital inilah yang membawa peradaban manusia memasuki era digital. Definisi Digital Marketing Secara umum, digital marketing adalah sebuah teknik pemasaran suatu produk yang menggunakan ragam media digital dan dapat diakses melalui layanan internet. Pengertian digital marketing, menurut Chaffey (2002:14), adalah sebuah bentuk penerapan dari teknologi digital yang membentuk online channel ke pasar (berbentuk website, e-mail, dan med...

Misi Dalam Berbisnis Kuliner

Misi 1 . Memberikan kemudahan dalam melayani kebutuhan makan masyarakat semua segmen. 2. Menciptakan lapangan pekerjaan baru. 3. Membangun semangat berwirausaha untuk rumah makan. Saya ingin memberikan kemudahan dalam melayani kebutuhan makan masyarkat untuk semua segmen dari mulai masyarakat kelas menengah kebawah hingga masyarakat menengah keatas sehingga semua orang bisa merasakan makan direstoran saya, kemudian ingin membangun rumah makan dengan cabang yang cukup banyak untuk menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat daerah sekitar, dan juga semoga dapat membangun semangat berwirausaha untuk berbisnis rumah makan seperti saya.

Memahami Konsep Business Model Canvas (BMC)

  Sebelum membahas judul ini lebih jauh, kita perlu memahami apa yang dimaksud dengan “Business Model”.  APA ITU BUSINESS MODEL ? Menurut Alexander Osterwalder, Business Model adalah gambaran dasar bagaimana sebuah organisasi membuat, men-deliver dan menangkap value yang ada. Business Model bersifat seperti blueprint/gambaran awal untuk strategi yang akan diimplementasikan ke seluruh organisasi, proses dan sistem. BUSINESS MODEL CANVAS (BMC) Business Model Canvas (BMC) menurut (Osterwalder, 2012) adalah salah satu alat strategi yang digunakan untuk mendeskripsikan sebuah model bisnis dan menggambarkan dasar pemikiran tentang bagaimana organisasi menciptakan, memberikan, dan menangkap nilai. Pengertian Business Model Canvas juga bisa diartikan suatu alat untuk membantu kita melihat lebih akurat rupa usaha yang sedang atau kita akan jalani. Secara sederhananya, Bisnis Model Canvas dapat mengubah konsep bisnis yang rumit menjadi sederhana yang ditampilkan pada satu lembar kanvas ...

Teknik Dan Strategi Pemasaran

  Dalam berbisnis kita diharuskan mempunyai strategi dan teknik dalam melakukan pemasaran terhadap produk yang akan kita jual agar produk yang kita punya bisa berkembang dengan pesat. Strategi pemasaran adalah logika pemasaran, dan berdasarkan itu, unit bisnis diharapkan untuk mencapai sasaran-sasaran pemasarannya. Strategi pemasaran terdiri dari pengambilan keputusan tentang biaya pemasaran dari perusahaan, bauran pemasaran, dan alokasi pemasaran. Prinsip dasar pemasaran yaitu menciptakan nilai bagi langganan (costum value),  keunggulan bersaing (competitive advantages) dan focus pemasaran (focus). Tujuan dari strategi pemasaran antara lain: Meningkatkan kualitas koordinasi kepada tim pemasaran. Mengukur hasil pemasaran menurut standard prestasi yang berlaku. Memberikan dasar yang masuk akal didalam setiap mengambil keputusan. Meningkatkan kemampuan dalam beradaptasi apabila terjadi perubahan dalam pemasaran. Beberapa kegiatan dalam lingkup pemasaran, yakni Pembelian, melakuk...