Apakah kamu pernah mendengar istilah insight? Mungkin sebagian dari kamu sudah pernah mendengar istilah ini, namun belum mengetahui apa arti dan maksud yang terkandung di dalamnya, kan? sebelum kita mulai membahas terkait hal tersebut, ada baiknya jika kita melihat dulu arti yang dimilikinya. insight adalah sebuah pemahaman yang mendalam tentang sesuatu dan selalu muncul, serta kemudian akan dijadikan tujuan atau acuan utama dan paling dipercaya.
Jika kita ingin membuat bisnis baru maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu business goal. Pada business goal itu sendiri kita harus menganalisa apakah produk dari bisnis kita dapat diterima oleh pasar atau tidak oleh masyarakat, kemudian apakah pasar yang menjadi target kita senang dengan produk kita sehingga terjadi repeat buyer dan merekomendasikan ke orang disekitarnya sehingga menghasilkan suatu profit bagi bisnis kita.
A. Memahami Kebutuhan Pasar
Bagaimana cara agar produk kita
diterima oleh pasar sehingga bisa menghasilkan profit bagi bisnis kita ?.
Terdapat 3 kata kunci dalam memahami kebutuhan pasar, yaitu :
1. Relevant, kita harus
menganalisa produk apa yang relevant dengan keadaan pasar kita saat ini sesuai
dengan kategori produk yang akan kita buat. Contohnya : trend yang sedang berkembang
adalah bisnis minuman kopi, nah dari situ kita dapat analisakan bahwa produk
yang sedang berkembang adalah bisnis minuman kopi.
2. Appealing, Kita harus
menganalisa produk apa yang menarik, disukai, dan dibutuhkan oleh pasar pada
saat ini. Contohnua : Pasar sedang menyukai produk-produk yang berasal dari
korea.
3. Suitable, Kita harus menganalisa produk yang seperti apa yang cocok atau sesuai dengan kondisi pasar pada saat ini. Contohnya : pada saat pandemi ini banyak orang yang di PHK sehingga keuangan menjadi terganggu, disaat seperti inilah kita harus menganalisa produk apa yang sesuai dan dengam harga berapa produk tersebut dijual sehingga sesuai dengan kebutuhan pasar saat ini.
B. Market Research Merupakan Strategi Mendasar Dari Insight
Terdapat beberapa cara untuk
melakukan research insight bagi pasar :
1. Qualitative Research
a. Observasi, melihat trend dan
produk apa yang paling banyak dibutuhkan oleh pasar saat ini.
b. Etnogtaphy/Netnography, dengan
cara mengamati prilaku konsumen di dunia online.
2. Qualintative Research
a. Online survey, bisa
melakukannya dengan menggunakan kuisioner menggunakan google form, yang dimana
target surveynya adalah para pengguna bisnis online ataupun media online
tertentu.
b. Sentiment Analysis, digunakan
untuk melihat sentiment dari konsumen bagaimana penilaian mereka terhadap
produk kita, apakah menyukai atau tidak menyukai.
3. Sosial Media Listening
Untuk sosial media listening adalah dengan mengamati perkembangan pasar yang terjadi disosial media tertentu sehingga menjadikan sebuah trend baru yang bisa menjadi tolak ukur dalam pengembangan produk kita.
C. Kapan Waktu Untuk Memulai Bisnis
Untuk mulai bisnis kita bisa melakukannya kapanpun, tidak perlu menunggu produk sempurna sesuai dengan trend pasar saat ini, karena jika kita menunggu maka akan muncul Kembali trend pasar yang baru, sehingga kita dapat tertinggal Kembali dengan trend yang terbaru dan alhasil kita tidak akan jadi untuk memulai bisnis kita.
Dengan memulainya terlebih dahulu maka kita bisa sekaligus melakukan adaptasi experiment serta pengembangan pasar dengan metode-metode yang sudah kita bahas tadi sehingga kita bisa mengeluarkan suatu produk bisnis tetapi kita bisa tetap mengembangkan sesuai dengan trend yang ada.
Kesimpulan dari materi diatas
adalah bagaimana kita bisa menyikapi trend yang sedang berkembang saat ini
dengan menggunakan metode-metode market insight yang sudah dibahas tadi
sehingga menjadikan suatu Analisa untuk kita bisa mengembangkan suatu produk
yang bisa sesuai dengan market place yang kita gunakan sehingga kita terus
memenuhi kebutuhan pasar yang sesuai dengan trend yang sedang berjalan.




Komentar
Posting Komentar