Langsung ke konten utama

Teknik Dan Strategi Pemasaran

 


Dalam berbisnis kita diharuskan mempunyai strategi dan teknik dalam melakukan pemasaran terhadap produk yang akan kita jual agar produk yang kita punya bisa berkembang dengan pesat.

Strategi pemasaran adalah logika pemasaran, dan berdasarkan itu, unit bisnis diharapkan untuk mencapai sasaran-sasaran pemasarannya. Strategi pemasaran terdiri dari pengambilan keputusan tentang biaya pemasaran dari perusahaan, bauran pemasaran, dan alokasi pemasaran.

Prinsip dasar pemasaran yaitu menciptakan nilai bagi langganan (costum value), keunggulan bersaing (competitive advantages) dan focus pemasaran (focus).

Tujuan dari strategi pemasaran antara lain:

  • Meningkatkan kualitas koordinasi kepada tim pemasaran.
  • Mengukur hasil pemasaran menurut standard prestasi yang berlaku.
  • Memberikan dasar yang masuk akal didalam setiap mengambil keputusan.
  • Meningkatkan kemampuan dalam beradaptasi apabila terjadi perubahan dalam pemasaran.

Beberapa kegiatan dalam lingkup pemasaran, yakni

  1. Pembelian, melakukan pembelian atau memproduksi barang yang akan kita jual.
  2. Penyimpanan (Gudang).
  3. Sortir dan pengemasan barang/produk.
  4. Penjualan produk/barang.

PERENCANAAN PEMASARAN

Beberapa Iangkah dalam merencanakan pemasaran bagi usaha baru, yaitu sebagai berikut:

  1. Penentuan kebutuhan dan keinginan pelanggan riset pasar harus diarahkan dan dibutuhkan konsumen, berapa jumlahnya, Kualitas yang bagaimana, siapa yang membutuhkan, dan kapan mereka membutuhkan.
  2. Memilih pasar sasaran khusus (special target market) Ada tigajenis pasar sasaran khusus, yaitu sebagai berikut:

a.       Pasar individual (individual market).

b.       Relung pasar (niche market).

c.       Segmentasi pasar (market segmentation).

               3. Menempatkan Starategi Pemasaran dalam Persaingan

                   Ada 6 strategi untuk memenuhi permintaan dan Iingkungan yang bersaing yaitu sebagai berikut:

a.       Orintasi pada pelanggan (customer orientation).

b.       Kualitas (quality), ialah mengutamakan TQM (Total QualityManagement) yaitu efektif, efisien dan tepat.

c.       Kesenangan (convenience), yaitu memfokuskan perhatian pada kesenangan hidup  kenyamanan, dan kenikmatan.

d.       Inovasi (inovation), yaitu harus berkonsentrasi untuk berinovasi dalam produk, maupun proses.

e.       Kecepatan (speed), atau Time Compression Management (TCM), yang diwujud dalam bentuk:

1) kecepatan untuk menempatkan produk baru dipasar;

2) memperpendek waktu untuk merespon keinginan dan kebutuhan pelanggan (Customer Response Time)

f.        Pelayanan dan kepuasan pelanggan.

                4. Pemilihan Strategi Pemasaran Strategi pemasaran adalah paduan dari kinerja wirausaha dengan hasil pengujian penelitian pasar sebelumnya dalam hasil pengujian dan penelitian pasar sebelumnya dan mengembangkan keberhasilan strategi pemasaran.

Kesimpulan

Kesimpulannya adalah jika anda seorang calon enterpreneur maka anda harus mulai memikirkan segalanya mengenai strategi pemasaran yang akan dijalani, dengan menggunakan strategi yang terbaik dan sesuai dengan produk yang akan anda jual serta melihat target pasar yang anda tuju. Strategi pemasaran diatas merupakan teori yang biasanya digunakan oleh para enterpreneur sehingga bisa menjadikan bisnisnya berkembang dengan pesat, tapi semua ini tidaklah bisa dicapai dengan instan dan tanpa campur tangan tuhan. 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial Business Plan dari Business Model Canvas

Sebelum membahas cara atau langkah dalam membuat Business Plan dari Business Model Canvas , sebaiknya Anda juga mengetahui tiga hal tentang pembuatan Business Plan dari Business Model Canvas yaitu harus dibuat secara ringkas, memiliki visi dan misi yang kuat, serta target audiens yang jelas. Setelah mengetahui tiga hal tersebut, maka Anda bisa mulai membuat Business Plan dari Business Model Canvas. Dalam membuat Business Plan dari Business Model Canvas tentu memiliki elemen-elemen penting yang akan mempengaruhi kualitas Business Plan dari Business Model Canvas itu sendiri. Agar lebih terarah, berikut cara membuat business plan yang baik dan benar. A. Membuat Executive Summary Executive summary atau ringkasan eksekutif adalah bagian penting dari business plan karena berisikan segala hal terkait bisnis yang hendak dijalani. Elemen-elemen yang ada pada executive summary tersebut adalah seperti bisnis apa yang akan dibuat, kapan rencana akan beroperasinya, dimana lokasi bisnis aka...

Digital Marketing

Perkembangan teknologi pada umumnya dan khusunya teknologi digital mengalami perkembangan yang sangat pesat pada dekade terakhir ini, bahkan era terakhir belakangan ini juga disebut sebagai sebutan ’era digital’. Pada era digital seperti ini, manusia secara umum memiliki gaya hidup baru yang tidak bisa dilepaskan dari perangkat yang serba elektronik. Teknologi digital menjadi alat yang mampu membantu sebagian besar kebutuhan manusia.  Teknologi digital digunakan oleh manusia untuk mempermudah melakukan apapun tugas dan pekerjaan. Peran penting teknologi digital inilah yang membawa peradaban manusia memasuki era digital. Definisi Digital Marketing Secara umum, digital marketing adalah sebuah teknik pemasaran suatu produk yang menggunakan ragam media digital dan dapat diakses melalui layanan internet. Pengertian digital marketing, menurut Chaffey (2002:14), adalah sebuah bentuk penerapan dari teknologi digital yang membentuk online channel ke pasar (berbentuk website, e-mail, dan med...

Misi Dalam Berbisnis Kuliner

Misi 1 . Memberikan kemudahan dalam melayani kebutuhan makan masyarakat semua segmen. 2. Menciptakan lapangan pekerjaan baru. 3. Membangun semangat berwirausaha untuk rumah makan. Saya ingin memberikan kemudahan dalam melayani kebutuhan makan masyarkat untuk semua segmen dari mulai masyarakat kelas menengah kebawah hingga masyarakat menengah keatas sehingga semua orang bisa merasakan makan direstoran saya, kemudian ingin membangun rumah makan dengan cabang yang cukup banyak untuk menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat daerah sekitar, dan juga semoga dapat membangun semangat berwirausaha untuk berbisnis rumah makan seperti saya.

Memahami Konsep Business Model Canvas (BMC)

  Sebelum membahas judul ini lebih jauh, kita perlu memahami apa yang dimaksud dengan “Business Model”.  APA ITU BUSINESS MODEL ? Menurut Alexander Osterwalder, Business Model adalah gambaran dasar bagaimana sebuah organisasi membuat, men-deliver dan menangkap value yang ada. Business Model bersifat seperti blueprint/gambaran awal untuk strategi yang akan diimplementasikan ke seluruh organisasi, proses dan sistem. BUSINESS MODEL CANVAS (BMC) Business Model Canvas (BMC) menurut (Osterwalder, 2012) adalah salah satu alat strategi yang digunakan untuk mendeskripsikan sebuah model bisnis dan menggambarkan dasar pemikiran tentang bagaimana organisasi menciptakan, memberikan, dan menangkap nilai. Pengertian Business Model Canvas juga bisa diartikan suatu alat untuk membantu kita melihat lebih akurat rupa usaha yang sedang atau kita akan jalani. Secara sederhananya, Bisnis Model Canvas dapat mengubah konsep bisnis yang rumit menjadi sederhana yang ditampilkan pada satu lembar kanvas ...