Strategi pemasaran adalah logika pemasaran, dan berdasarkan itu, unit bisnis diharapkan untuk mencapai sasaran-sasaran pemasarannya. Strategi pemasaran terdiri dari pengambilan keputusan tentang biaya pemasaran dari perusahaan, bauran pemasaran, dan alokasi pemasaran.
Tujuan dari strategi pemasaran antara lain:
- Meningkatkan kualitas koordinasi kepada tim pemasaran.
- Mengukur hasil pemasaran menurut standard prestasi yang berlaku.
- Memberikan dasar yang masuk akal didalam setiap mengambil keputusan.
- Meningkatkan kemampuan dalam beradaptasi apabila terjadi perubahan dalam pemasaran.
Beberapa kegiatan dalam lingkup pemasaran, yakni
- Pembelian, melakukan pembelian atau memproduksi barang yang akan kita jual.
- Penyimpanan (Gudang).
- Sortir dan pengemasan barang/produk.
- Penjualan produk/barang.
PERENCANAAN PEMASARAN
Beberapa Iangkah dalam merencanakan pemasaran bagi usaha baru, yaitu sebagai berikut:
- Penentuan kebutuhan dan keinginan pelanggan riset pasar harus diarahkan dan dibutuhkan konsumen, berapa jumlahnya, Kualitas yang bagaimana, siapa yang membutuhkan, dan kapan mereka membutuhkan.
- Memilih pasar sasaran khusus (special target market) Ada tigajenis pasar sasaran khusus, yaitu sebagai berikut:
a.
Pasar individual (individual market).
b.
Relung pasar (niche market).
c.
Segmentasi pasar (market segmentation).
3. Menempatkan Starategi Pemasaran dalam Persaingan
Ada 6 strategi untuk memenuhi permintaan dan Iingkungan yang bersaing yaitu sebagai berikut:
a.
Orintasi pada pelanggan (customer orientation).
b.
Kualitas (quality), ialah mengutamakan TQM
(Total QualityManagement) yaitu efektif, efisien dan tepat.
c.
Kesenangan (convenience), yaitu memfokuskan
perhatian pada kesenangan hidup kenyamanan, dan kenikmatan.
d.
Inovasi (inovation), yaitu harus berkonsentrasi
untuk berinovasi dalam produk, maupun proses.
e.
Kecepatan (speed), atau Time Compression
Management (TCM), yang diwujud dalam bentuk:
1) kecepatan untuk menempatkan produk baru dipasar;
2) memperpendek waktu untuk merespon keinginan dan kebutuhan pelanggan (Customer
Response Time)
f.
Pelayanan dan kepuasan pelanggan.
4. Pemilihan Strategi Pemasaran Strategi pemasaran adalah paduan dari kinerja wirausaha dengan hasil pengujian penelitian pasar sebelumnya dalam hasil pengujian dan penelitian pasar sebelumnya dan mengembangkan keberhasilan strategi pemasaran.
Komentar
Posting Komentar