Langsung ke konten utama

Digital Marketing


Perkembangan teknologi pada umumnya dan khusunya teknologi digital mengalami perkembangan yang sangat pesat pada dekade terakhir ini, bahkan era terakhir belakangan ini juga disebut sebagai sebutan ’era digital’.

Pada era digital seperti ini, manusia secara umum memiliki gaya hidup baru yang tidak bisa dilepaskan dari perangkat yang serba elektronik. Teknologi digital menjadi alat yang mampu membantu sebagian besar kebutuhan manusia. 

Teknologi digital digunakan oleh manusia untuk mempermudah melakukan apapun tugas dan pekerjaan. Peran penting teknologi digital inilah yang membawa peradaban manusia memasuki era digital.

Definisi Digital Marketing

Secara umum, digital marketing adalah sebuah teknik pemasaran suatu produk yang menggunakan ragam media digital dan dapat diakses melalui layanan internet. Pengertian digital marketing, menurut Chaffey (2002:14), adalah sebuah bentuk penerapan dari teknologi digital yang membentuk online channel ke pasar (berbentuk website, e-mail, dan media sosial lainnya) yang memberikan kontribusi terhadap kegiatan pemasaran sehingga bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dan mempertahankan konsumen.

Strategi Digital Marketing

Dalam melakuian pemasaran digital marketing kita bisa menggunakan berbagai strategi untuk mencapai tujuan utama. Beberapa strategi pemasaran digital pada umumya:

1. Search Engine Optimization (SEO)
SEO yang merupakan singkatan dari Search Engine Optimization atau optimasi mesin pencari adalah suatu strategi atau serangkaian teknik yang sistematis untuk menempatkan website atau blog berada di halaman utama SERP (Search Engine Result Page) dan potensial sesuai dengan keyword yang ditentukan. Melakukan SEO memerlukan keterampilan dan ketekunan. Selain itu, melakukan SEO juga membutuhkan keterampilan analisis, kompetitif, dan strategis.

Hal ini dikarenakan dibutuhkannya analisis untuk meneliti kata kunci atau keyword apa yang akan ditargetkan. Secara teknis, SEO membutuhkan waktu minimal tiga bulan untuk mendapatkan hasil yang optimal. Tujuan utama melakukan SEO adalah untuk meningkatkan traffic visitor atau kunjungan dengan keyword yang tertarget. Salah satu indikator utama keberhasilan SEO adalah semakin tingginya posisi website atau blog dengan keyword tertentu di search engine. Semakin tinggi posisi website atau blog dengan keyword tertentu di search engine, maka semakin tinggi pula pengunjung atau visitor yang berkunjung ke website atau blog tersebut

2. Search Engine Marketing (SEM)
SEM merupakan singkatan dari Search Engine Marketing. Sama seperti SEO, SEM juga memiliki
tujuan untuk mendapatkan tampilan website atau blog pada halaman utama Search Engine Result
Page. Pengguna SEM umumnya identik dengan penawaran produk. Biasanya, pengguna SEM yang
beriklan di search engine adalah toko-toko online yang memiliki produk atau jasa untuk dijual.
Meskipun ada, umumnya sangat jarang ditemukan pengguna SEM yang mempromosikan konten
tulisan saja.

Yang membedakan SEO dan SEM adalah dalam segi biaya. SEM merupakan trik pemasaran internet
yang membutuhkan biaya, sedangkan SEO gratis alias tanpa biaya. Secara teknis, pembayaran
Search Engine Marketing umumnya dilakukan dengan cara PPC - pay per click atau dengan
ketentuan berapa lama waktu. Hasil SEM akan dengan cepat terlihat dari berapa besar dana yang
dialokasikan. SEM berfungsi untuk meningkatkan pengunjung dan popularitas, serta keyword yang
akan ditargetkan. Baik SEO dan SEM memiliki tingkat kesulitan masing-masing.

3. Blog/Website Marketing
Blogging marketing adalah taktik pemasaran dengan menggunakan blog atau website untuk
meningkatkan visibilitas suatu bisnis. Blog marketing adalah saluran pemasaran (seperti media
sosial, pemasaran via email, dan lain-lain) yang membantu mendukung pertumbuhan suatu bisnis.

Keuntungan dari blog marketing, yaitu dapat membantu dalam mengendalikan trafik suatu situs
web, membantu membangun otoritas bagi produk (dengan membuat sejumlah konten yang
bermanfaat bagi pengunjung), serta dapat menjadi lahan bisnis jangka panjang (jika laman
mendapatkan peringkat yang cukup tinggi di halaman mesin pencari).

4. Content Marketing
Pemasaran konten adalah tempat yang sangat berharga di dunia pemasaran digital. Apapun strategi
pemasaran online yang di gunakan, tanpa content marketing, tidak akan dapat membangun basis
pelanggan, merek, dan melibatkan target audiens untuk menarik minat pada bisnis yang ditawarkan.

Pada dasarnya, pemasaran konten adalah tentang mempromosikan bisnis melalui interaksi dengan
pelanggan dan meyakinkan mereka untuk melakukan pembelian. Beberapa bentuk pemasaran
konten adalah: video, testimoni, e-book, podcast, infografis, posting blog, posting media sosial, dan
masih banyak lagi. Semua ini dapat berkontribusi untuk menjadi bagian dari kampanye pemasaran
digital yang membantu membangun kesadaran brand di antara konsumen.

5. Sosial Media Marketing
Sosial media marketing merupakan langkah pemasaran yang bisa dilakukan melalui media sosial.
Anda bisa membuat konten yang tepat dan sesuai dengan bisnis, sehingga calon konsumen tertarik
untuk melihatnya. Di dalam teknik yang satu ini, pemilihan media sosial merupakan poin penting
yang tak bisa diabaikan. Selain itu, juga harus bisa menyasar target bisnis yang tepat sejak awal,
agar pemasaran ini bisa mendatangkan angka penjualan maksimal.

Media sosial adalah tiket emas untuk dapat menginformasikan tentang produk dan layanan sambil
tetap berhubungan dengan pelanggan potensial di platform favorit mereka. Selain menyediakan
layanan pelanggan, dapat menggunakan media sosial untuk menjalankan kampanye iklan, kontes,
membuat konten kreatif dan menarik, bahkan bisa menjadi viral.

6. Email Marketing
Pemasaran melalui email mungkin bukan sumber utama untuk menghasilkan prospek baru ke bisnis, tetapi cara ini lebih sering digunakan sebagai bentuk komunikasi dengan pelanggan yang menyukai layanan atau produk dan telah memilih untuk berlangganan.

Peluang untuk berhasil membuat pelanggan setia yang terus kembali untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan, meningkat melalui pemasaran email. Sebagian besar bisnis menggunakan pemasaran email untuk mengirim buletin mingguan, penawaran promosi, dan pembaruan tentang
produk dan layanan mereka.

7. Banner Marketing
Banner marketing atau iklan spanduk memang identik dengan iklan bergambar. Iklan spanduk biasa
ditempatkan di lokasi yang mudah terlihat di halaman situs web, kemudian menciptakan awareness dan menghasilkan klik-tayang. Lokasi yang memiliki visibilitas tinggi ini mencakup bagian depan, bawah, atau samping halaman situs web; tempat di mana mata para pengunjung laman biasanya memandangi.

8. Mobile Marketing
Mobile marketing adalah bentuk pemasaran melalui konten digital yang terkait dalam menjangkau
audiens yang memakai ponsel seluler. Dalam arti tertentu, hal ini dibutuhkan strategi pemasaran seperti olah pesan, desain, yang di optimalkan untuk pengiriman melalui smartphone atau tablet.

9. Affiliate Marketing
Affiliate marketing adalah taktik pemasaran berbasis kinerja, di mana para pengecer (biasanya
pengecer online) memberikan sebuah upah komisi kepada setiap situs web untuk setiap pelanggan
yang didapatkan melalui aktivitas promosi di situs web tersebut. Situs web yang sering disebut
afiliasi ini hanya akan mendapatkan bayaran apabila dapat menghasilkan transaksi jual-beli antar
pengguna.

10. Viral Marketing
Viral marketing adalah ketika seseorang membuat sebuah video atau konten visual yang
beresonansi dengan target audiens mereka. Konten itu dibagikan hingga menyebar atau menjadi
viral. Saat produk tersebut menjadi viral, segala bentuk penjualan, keterlibatan, dan kesadaran
merek perusahaan dapat meningkat secara dramatis. Umumnya, suatu produk akan viral apabila
telah di-endorse oleh seorang selebritas atau influencer karena jumlah pengikut mereka di media
sosial banyak.

Manfaat Digital Marketing

Manfaat pemasaran digital menjadi lebih umum setiap hari. Semakin banyak konsumen yang akan meneliti dan membeli produk secara online.

Keuntungan utama dari digital marketing adalah bahwa audiens yang ditargetkan dapat dijangkau dengan cara yang hemat biaya dan terukur. Keuntungan digital marketing lainnya termasuk meningkatkan loyalitas merek dan mendorong untuk penjualan online. Adapun manfaat dari digital marketing meliputi:

1. Jangkauan skala global
Situs web memungkinkan pemasar untuk menemukan pasar baru dan berdagang secara global
walau hanya dengan investasi yang sangat kecil.

2. Biaya lebih rendah
Kampanye digital marketing yang terencana dan tepat sasaran dapat menjangkau pelanggan yang
tepat dengan biaya yang jauh lebih rendah dari pada metode pemasaran tradisional.

3. Hasil yang dapat dilacak dan terukur
Berbagai alat atau aplikasi tercipta bersama dengan lahirnya teknologi digital, seperti analisis web
dan alat metrik online lainnya yang mempermudah untuk menetapkan seberapa efektif pengiklanan yang dilakukan oleh pemasar. Para pemasar dapat memperoleh informasi terperinci tentang bagaimana pelanggan menggunakan situs web mereka atau menanggapi iklan yang mereka luncurkan.

4. Personalisasi
Jika basis data pelanggan ditautkan ke situs web, maka setiap kali seseorang mengunjungi situs
tersebut, dapat menyambut mereka dengan penawaran yang ditargetkan. Semakin banyak mereka
membeli, semakin dapat menyempurnakan profil pelanggan dan memasarkan secara efektif
kepada mereka.

5. Keterbukaan
Dengan menggunakan media sosial dan mengelolanya dengan hati-hati, pemasar mempunyai
kesempatan untuk membangun loyalitas pelanggan dan menciptakan reputasi yang mudah untuk
diajak berinteraksi.

6. Mata uang sosial
Digital marketing memungkinkan seorang pemasar untuk membuat kampanye yang menarik
menggunakan taktik pemasaran konten. Konten (gambar, video, artikel) dapat memperoleh mata
uang sosial yang diteruskan dari pengguna ke pengguna dan menjadi viral.

7. Peningkatan tingkat konversi
Dengan mempergunakan situs web, pelanggan hanya perlu beberapa klik untuk melakukan
pembelian. Tidak seperti media lain yang mengharuskan orang untuk bangun dan menelepon, atau
pergi ke toko, pemasaran digital bisa berjalan langsung di mana saja dan kapan saja.

Keunggulan Digital Marketing 

Berikut 7 kelebihan digital marketing :

1. Menjangkau Lebih Banyak Konsumen

Digital Marketing bisa memperluas target konsumen yang selama ini tidak terjangkau selama melakukan penjualan offline. Dengan strategi dan target yang spesifik, Anda kini bisa menjangkau para calon pembeli baru dari berbagai kalangan dan wilayah sesuai target yang dipilih.  

Banyak platform yang bisa digunakan dalam melakukan penjualan online, mulai dari media sosial, marketplace, website, dan google shop. Dari semua platform yang digunakan, ada banyak fitur yang bisa membantu Anda menetapkan kampanye iklan Anda secara tepat.

2. Mendongkrak Penjualan Secara Cepat

Melalui strategi digital marketing yang tepat, beberapa perusahaan mampu meningkatkan penjualannya hingga tiga kali lipat. Anda juga bisa menambah daftar calon prospek atau calon konsumen (lead) dari kampanye yang dilakukan melalui media digital.

Kami berpengalaman membantu salah satu produsen suplemen kesehatan di Jakarta, dan dalam waktu tiga bulan berhasil meningkatkan kunjungan ke marketplace hingga lima kali lipat, dengan tingkat konversi 25%.

3. Lebih Terukur

Dalam iklan tradisional melalui surat kabar atau majalah, produsen sulit mengukur keberhasilan sebuah kampanye.  Inilah kelebihan digital, semuanya serba terukur. Setiap strategi yang digunakan bisa diukur dan dipantau secara langsung efektivitasnya.

Analitik pemasaran digital membuat perkiraan untuk menentukan target pemasaran Anda benar-benar berfungsi. Dengan mengukur kampanye pemasaran digital Anda secara waktu nyata, Anda dapat melihat strategi mana yang berfungsi dan mana yang tidak.

Kemudian, Anda dapat menyesuaikan kampanye Anda untuk kesuksesan yang lebih besar. Anda juga dapat mengambil wawasan yang Anda peroleh dari proses untuk meningkatkan kampanye di masa mendatang.

4. Menentukan Pembeli Ideal

Anda pengusaha sepatu sneaker lokal di Bandung, dan berencana memperluas jangkauan Anda ke Jawa Tengah. Kemudian Anda bisa menentukan kampanye dan sasaran berdasarkan karakteristik dan sasaran seperti: rentang usia 15-30 tahun, berdasarkan hobi, dan berdasarkan lokasi yang banyak ditempati usia muda.

Dengan pemasaran digital, Anda dapat memastikan bahwa konsumen yang tepat melihat konten Anda. SEO memungkinkan Anda menjangkau konsumen yang mencari web untuk konten dan topik yang relevan dengan bisnis Anda.

Sementara bayar per klik, tampilan, dan iklan media sosial memungkinkan Anda menargetkan mereka yang paling mungkin tertarik dengan produk atau layanan Anda berdasarkan informasi demografis dan karakteristik umum.

5. Lebih Hemat

Gartnet, sebuah platform digital marketing, melaporkan yang menunjukkan bagaimana para pengusaha kecil kini sudah mendapatkan banyak keuntungan dari pemasaran digital. Contohnya saja, sebanyak 40% dari mereka melaporkan adanya efisiensi biaya yang ada pada usaha mereka.

Usaha kecil yang dimaksudkan disini adalah usaha atau perusahaan yang memiliki sumber daya terbatas. Pemasaran digital kemudian bisa membantu pemilik usaha, tidak hanya menghasilkan generasi dan konsumen baru, namun juga membantu menghemat pengeluaran pengusaha.

6. Menjangkau Pengguna Mobile (Smartphone)

Pemasaran digital membawa Anda memasuki area pasar raksasa, di mana kegiatan pemasaran digital melalui perangkat mobile menghasilkan hingga 34% dari keseluruhan trafik organic.

Data dari Hootsuite, perusahaan analisis media sosial dari Kanada, menyebutkan bahwa pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 171 juta orang, dan 98% mengakses melalui handpone atau telepon genggamnya. Pasar yang sangat potensial bukan?

7. Membantu Bersaing dengan Perusahaan Besar

Banyak merek dan usaha saat ini saling bersaing dengan campaign digital marketing mereka. Para pengusaha menggunakan bermacam-macam saluran termasuk display, iklan video, pengguna media sosial, hingga pencairan di google.

Kesimpulan

Trend digital marketing saat ini sangat amat membantu para pengusaha untuk lebih mendongkrak penjualan mereka, dimana digital marketing sendiri tidak hanya menjangkau wilayah tertentu melainkan bisa dilihat dari seluruh dunia. Tapi penggunaan digital marketing juga terdapat beberapa kelemahan yang dapat mengancam para pengusaha yaitu dengan digital marketing maka produk kita bisa saja ditiru oleh pesaing yang mengakibatkan harga pasar tidak bisa dikontrol oleh kita sendiri, serta digital marketing memungkinkan terbukanya celah untuk seorang hacker masuk kedalam sistem perusahaan yang kita miliki.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial Business Plan dari Business Model Canvas

Sebelum membahas cara atau langkah dalam membuat Business Plan dari Business Model Canvas , sebaiknya Anda juga mengetahui tiga hal tentang pembuatan Business Plan dari Business Model Canvas yaitu harus dibuat secara ringkas, memiliki visi dan misi yang kuat, serta target audiens yang jelas. Setelah mengetahui tiga hal tersebut, maka Anda bisa mulai membuat Business Plan dari Business Model Canvas. Dalam membuat Business Plan dari Business Model Canvas tentu memiliki elemen-elemen penting yang akan mempengaruhi kualitas Business Plan dari Business Model Canvas itu sendiri. Agar lebih terarah, berikut cara membuat business plan yang baik dan benar. A. Membuat Executive Summary Executive summary atau ringkasan eksekutif adalah bagian penting dari business plan karena berisikan segala hal terkait bisnis yang hendak dijalani. Elemen-elemen yang ada pada executive summary tersebut adalah seperti bisnis apa yang akan dibuat, kapan rencana akan beroperasinya, dimana lokasi bisnis aka...

Misi Dalam Berbisnis Kuliner

Misi 1 . Memberikan kemudahan dalam melayani kebutuhan makan masyarakat semua segmen. 2. Menciptakan lapangan pekerjaan baru. 3. Membangun semangat berwirausaha untuk rumah makan. Saya ingin memberikan kemudahan dalam melayani kebutuhan makan masyarkat untuk semua segmen dari mulai masyarakat kelas menengah kebawah hingga masyarakat menengah keatas sehingga semua orang bisa merasakan makan direstoran saya, kemudian ingin membangun rumah makan dengan cabang yang cukup banyak untuk menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat daerah sekitar, dan juga semoga dapat membangun semangat berwirausaha untuk berbisnis rumah makan seperti saya.

Memahami Konsep Business Model Canvas (BMC)

  Sebelum membahas judul ini lebih jauh, kita perlu memahami apa yang dimaksud dengan “Business Model”.  APA ITU BUSINESS MODEL ? Menurut Alexander Osterwalder, Business Model adalah gambaran dasar bagaimana sebuah organisasi membuat, men-deliver dan menangkap value yang ada. Business Model bersifat seperti blueprint/gambaran awal untuk strategi yang akan diimplementasikan ke seluruh organisasi, proses dan sistem. BUSINESS MODEL CANVAS (BMC) Business Model Canvas (BMC) menurut (Osterwalder, 2012) adalah salah satu alat strategi yang digunakan untuk mendeskripsikan sebuah model bisnis dan menggambarkan dasar pemikiran tentang bagaimana organisasi menciptakan, memberikan, dan menangkap nilai. Pengertian Business Model Canvas juga bisa diartikan suatu alat untuk membantu kita melihat lebih akurat rupa usaha yang sedang atau kita akan jalani. Secara sederhananya, Bisnis Model Canvas dapat mengubah konsep bisnis yang rumit menjadi sederhana yang ditampilkan pada satu lembar kanvas ...

Teknik Dan Strategi Pemasaran

  Dalam berbisnis kita diharuskan mempunyai strategi dan teknik dalam melakukan pemasaran terhadap produk yang akan kita jual agar produk yang kita punya bisa berkembang dengan pesat. Strategi pemasaran adalah logika pemasaran, dan berdasarkan itu, unit bisnis diharapkan untuk mencapai sasaran-sasaran pemasarannya. Strategi pemasaran terdiri dari pengambilan keputusan tentang biaya pemasaran dari perusahaan, bauran pemasaran, dan alokasi pemasaran. Prinsip dasar pemasaran yaitu menciptakan nilai bagi langganan (costum value),  keunggulan bersaing (competitive advantages) dan focus pemasaran (focus). Tujuan dari strategi pemasaran antara lain: Meningkatkan kualitas koordinasi kepada tim pemasaran. Mengukur hasil pemasaran menurut standard prestasi yang berlaku. Memberikan dasar yang masuk akal didalam setiap mengambil keputusan. Meningkatkan kemampuan dalam beradaptasi apabila terjadi perubahan dalam pemasaran. Beberapa kegiatan dalam lingkup pemasaran, yakni Pembelian, melakuk...