Tujuan Dan Manfaat Mitra Usaha
Dengan
adanya mitra usaha, maka ada beberapa tujuan yang umumnya ingin dicapai oleh
sebuah perusahaan. Tujuan tersebut termasuk yaitu antara lain sebagai berikut:
1. Pembangunan perusahaan
Menjalin
hubungan mitra atau hubungan kerja sama dengan perusahaan yang lebih besar pada
dasarnya akan sangat menguntungkan. Terutama bagi sebuah perusahaan yang baru
berkembang atau mungkin bagi perusahaan yang baru saja berdiri. Dengan adanya kerja
sama tersebut maka perusahaan kecil diharapkan agar dapat berkembang sehingga
bisa menjadi lebih besar. Tidak hanya keuntungan pendapatan saja yang
diharapkan dapat semakin besar dan meningkat tetapi juga keuntungan berupa
perluasan usaha atau perluasan jaringan. Demikian pula perusahaan besar juga
bisa saja menambah omset penghasilan dengan adanya kerja sama ini. Sebab
perusahaan besar bisa terbantu dengan adanya upaya dari perusahaan kecil yang
terkesan lincah dalam hal operasional bisnis.
2. Pertumbuhan ekonomi
Perkembangan
dan pertumbuhan usaha atau bisnis yang dialami oleh sebuah perusahaan pada
akhirnya akan berdampak pula pada pertumbuhan ekonomi perusahaan. Dengan adanya
hubungan kerja sama yang dijalin maka motivasi akan semakin meningkat sehingga
pencapaian tujuan bisa dilakukan dengan lebih optimal. Pertumbuhan ekonomi
sendiri sebenarnya sangat ditentukan pula oleh adanya kemampuan seseorang dalam
mengelola bisnisnya. Dengan adanya kemampuan pemilik bisnis dalam berwirausaha
maka pemilik bisnis akan melakukan berbagai macam upaya untuk semakin
mengembangkan usahanya. Tentu saja mitra usaha yang terjalin antar perusahaan
bisa membuat masing-masing perusahaan untuk saling mengembangkan usahanya.
Misalnya dengan adanya inovasi yang saling dibicarakan untuk adanya kemajuan
bersama.
3. Hubungan sosial
Hubungan yang dijalin antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya atau antara perusahaan besar dengan perusahaan kecil memang lebih mengacu pada tujuan ekonomi atau tujuan finansial. Namun siapa yang mengira bahwa hubungan mitra ini sering kali juga dilakukan atas dasar keinginan untuk menciptakan hubungan sosial yang baik dengan perusahaan lain. Tidak semua hal dilakukan berdasarkan pada tujuan ekonomi saja dan bahkan sering kali sebuah perusahaan melakukan gerakan kemanusiaan untuk tujuan sosial saja. Demikian pula jalinan hubungan dengan perusahaan kecil bisa juga dilakukan oleh sebuah perusahaan besar atau perusahaan terkenal dengan tujuan untuk membantunya sehingga jalinan hubungan sosial di antara kedua perusahaan selalu berjalan dengan baik.
Jenis Kemitraan Usaha/Bisnis
Dalam Kemitraan usaha, dapat dilihat beberapa jenis kemitraan, antara lain:
a) Kemitraan vertikal
Kemitraan antara beberapa perusahaan yang memiliki tahap atau tingkatan kegiatan produksi yang berurutan, dari tahap paling awal sampai tahap produksi akhir.
Contoh: Kemitraan antara perusahaan yang tergabung dalam usaha yang menghasilkan produk tas dari bahan enceng gondok.
b) Kemitraan horizontal
Kemitraan dari sejumlah perusahaan yang memiliki kegiatan usaha atau yang menghasilkan produk sejenis.
Contoh: Kemitraan antara perusahaan-perusahaan yang menghasilkan produk tas.
Strategi Bermitra Usaha
Terdapat beberapa strategi yang perlu dilaksanakan agar kebijaksanaan dalam kemitraan dapat diwujudkan.
Strategi tersebut antara lain, adalah :
1. Mengembangkan usaha kecil dan koperasi yang mandiri dan kuat.
Upaya yang dilakukan :
• Pembinaan secara intensif dibidang manajemen usaha
• Penyediaan fasilitas sumber dana murah
• Pengembangan fungsi kelompok tani, kelompok pengrajin, dan kelompok lainnya menjadi suatu unit usaha yang kooperatif
• Memberikan peluang usaha yang seluas-luasnya kepada pengusaha skala UMKM
• Pembinaan kualitas hasil produksi atau jasa yang dihasilkan oleh UMKM dengan mengikuti standar mutu yang berlaku
• Penyediaan informasi teknologi, informasi pasar yang mudah dijangkau
2. Memacu penerapan Undang-undang tentang usaha kecil dan peraturan pemerintah tentang kemitraan.
Penerapan Undang-undang tentang usaha kecil dan peraturan pemerintah tentang kemitraan ini menjadi sangat penting dalam mendorong tumbuh dan berkembangnya usaha kecil dan koperasi.
Upaya yang dilakukan :
• Sosialisasi Undang-Undang tentang Usaha Kecil dan Peraturan Pemerintah melalui berbagai kesempatan seperti : seminar, diskusi, media massa dan lainnya
• Menyiapkan perangkat operasional berupa petunjuk teknis pelaksanaan
• Menyiapkan sumber daya manusia yang bertugas memberikan informasi dan penjelasan tentang peraturan pemerintah
• Memonitor dan mengevaluasi sejauhmana pelaksanaan kemitraan tersebut serta mengetahui kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan.
3. Memantapkan kelembagaan kemitraan.
Strategi ini dimaksudkan untuk mewujudkan kelembagaan kemitraan usaha kedua belah pihak yang harus dibangun dan dipersiapkan melalui proses terencana dan berkelanjutan.
Upaya yang dilakukan :
• Pengembangan pola-pola kemitraan yang mudah diimplementasikan
• Menyiapkan pedoman pembinaan kemitraan usaha yang dapat dijadikan sebagai bahan acuan bagi instansi pembina dan pelaku kemitraan
• Mengembangkan konsultan pelayanan kemitraan yang dapat menghubungkan antara UMKM dengan Usaha Besar
• Pengembangan pola pembinaan kemitraan melalui beberapa tahapan berikut :
a. Melakukan identifikasi potensi masalah dan peluang
b. Melakukan pendekatan kepada pengusaha
c. Merumuskan kegiatan pembinaan
d. Mengadakan temu usaha dan konsultasi yang teratur dan konsisten sehingga dapat terlaksana kemitraan dengan prinsip bisnis dan sinergi yang saling menguntungkan
Dari artikel diatas maka disini saya akan membuat contoh penerapan dari kemitraan usaha dengan bisnis yang saya buat.
Pada bisnis yang saya buat adalah usaha berbasis minuman dengan nama “Boba Dari Hati”, untuk kemitraan usaha saya melakukannya dengan menggandeng warung, toko, ataupun bermitra melalui bisnis online shop pada bagian penjualannya, sedangkan untuk bahan baku saya bermitra dengan salah satu supplier besar untuk memenuhi kebutuhan bahan baku usaha saya dengan begini saya menggunakan jenis kemitraan vertikal untuk menjalankan usaha/bisnis saya. Strategi yang saya lakukan untuk memperkuat kemitraan yang sudah saya buat adalah dengan melakukan pembinaan kemitraan usaha dengan mitra saya dari mulai melakukan konsultasi pemecahan masalah hingga mencari peluang yang dapat meningkatkan penjualan dari produk usaha saya.

Komentar
Posting Komentar