Langsung ke konten utama

Tutorial Business Plan dari Business Model Canvas


Hai guys, disini saya akan melanjutkan postingan sebelumnya tentang Tutorial Business Plan dari Business Model Canvas, kali ini kita akan menambahkan 4 block lagi yang nantinya akan menjadi 9 block pada Business Model Canvas. Jika anda belum membaca postingan sebelumnya bisa klik link berikut Klik Disini, berikut adalah lanjutan dari 9 block pada Business Model Canvas.

6. Key Resource​

Key resources adalah hal-hal paling penting yang harus Anda punyai agar key activities bisa dijalankan dan value proposition bisa diberikan pada customer.

Kategori di dalam key resources

Physical asset : fasilitas pabrik, gedung-gedung, kendaraan, mesin-mesin.

Intellectual : brand, hak paten, copyright, database customer dan database partnership, informasi rahasia perusahaan

Human : tenaga kerja

Financial : sumber daya keuangan perusahaan cash, credit, obligasi, saham

7. Key Activities​

Kolom key activities harus diisi dengan kegiatan wajib yang dilakukan oleh perusahaan untuk menghasilkan value proposition yang ditawarkan.

Kategori di dalam key activities

Production : aktivitas merancang, membuat, mengirimkan produk.

Problem Solving : aktivitas operasi yang biasanya muncul pada perusahaan konsultan, rumah sakit, organisasi penyedia jasa.

Platform Network : menjadi tempat atau wadah bertemunya dua atau lebih segmen pasar untuk saling berinteraksi/transaksi atau membangun network.

8. Key Partners​

Key partners adalah pihak-pihak yang bisa Anda ajak kerjasama dengan tujuan:

Optimization and Economy: motivasi berpartner untuk mengoptimalkan alokasi sumber daya dan aktivitas mengingat sebuah perusahaan tidak perlu memiliki semua sumber daya dan melakukan kegiatannya sendirian.

Reduction of Risk and Uncertainty: mengurangi risiko dan ketidakpastian dalam lingkungan persaingan.

Acquisition of particular resources and activities: mengakuisisi perusahaan lain untuk meningkatkan kemampuan kinerja perusahaan.

Kategori di dalam key partners

Strategic Alliance between non-competitors: kerjasama dengan perusahaan yg tidak sejenis.

Coopetition: kerjasama dengan perusahaan kompetitor.

Joint ventures to develop new business: kerjasama untuk membentuk usaha baru.

Buyer supplier relationship: hubungan hanya sebagai pembeli dan penjual biasanya terjadi pada motif optimization and economy of scale.

9. Cost Structure​

Cost structure adalah rincian biaya-biaya terbesar yang harus Anda keluarkan untuk melakukan key activities dan menghasilkan value proposition.

Kategori di dalam cost structure

Cost-driven: sensitif terhadap harga bahan baku.

Value-driven: perusahaan tidak terlalu memikirkan harga produksi/bahan baku karena yang dijual adalah nilai/seni/status/gaya hidup.

Fixed cost: biaya-biaya tetap yang muncul yang tidak tergantung pada jumlah produksi

Variable cost: biaya-biaya yang muncul bervariasi sesuai jumlah yang diproduksi

Contoh Penerapan Business Model Canvas

Pada contoh ini saya menggunakan perumpamaan ingin mendirikan bisnis pembuatan dan penjualan minuman boba, maka untuk memperjelas seperti apa konsep mengenai bisnis yang akan dibuat, maka saya membuat bisnis model canvas dengan cara menguraikan sembilan komponennya terlebih dahulu:
1. Customer Segment
Customer segmen adalah konsumen yang akan dituju. Disini adalah semua kalangan pria maupun wanita baik anak-anak sampai dewasa.
2. Value Proposition
Value Proposition merupakan nilai produk yang akan ditawarkan kepada pelanggan ataupun calon pelanggan. Disini contoh value proposition misal saya ingin membuat minuman boba dengan varian rasa coklat dan original brown sugar. Maka varian rasa coklat dan original brown sugar adalah value propositionnya.
3. Customer Relationship
Customer Relationship adalah menjalin hubungan dengan konsumen melalui media komunikasi sosial seperti whatsapp, Instagram maupun dengan menggunakan aplikasi online shop.
4. Channel
Channel disini dilakukan untuk melayani pesanan, semisal rancangan penjualannya adalah dengan cara menjual barang di Toko A,B,C dan Warung A,B,C maka Channelnya adalah mengantarkan minuman boba ke Toko A,B,C dan Warung A,B,C.
5. Revenue Stream
Revenue Stream adalah arus pendapatan yang paling luas, bisa dikatakan ini adalah pendapatan/omset penjualan minuman boba.
6. Key Resources
Key resources disini adalah sumber daya kunci. Kunci sumber daya yang terdapat pertama Sumber Daya Fisik yaitu bangunan dan berbagai macam peralatan yakni peralatan pembuat minuman boba. Yang kedua Sumber Daya Manusia yakni dibutuhkan dalam pembuatan minuman boba setidaknya dibutuhkan 2 orang karyawan. Yang ketiga sumber daya financial yakni pengunaan modal yaitu uang pribadi.
7. Key Activities
Key activites adalah aktivitas kunci usaha. Yakni pembuatan minuman boba industri rumahan, pengemasan yang dilakukan secara manual, dan penjualan minuman dilakukan dengan cara bermitra dengan toko maupun warung serta secara online shopping.
8. Key Partner
Key partner disini adalah mitra dari usaha. Disini mitranya adalah sebagai penyetok bahan baku maka saya memilih membeli bahan baku dari Pasar A sedangkan untuk penjualan memilih Toko A,B,C dan Warung A,B,C
9. Cost Structure
Cost Structure adalah struktur biaya pengeluaran yakni biaya operasional, biaya peralatan, biaya produksi, biaya kemasan, dan biaya tenaga kerja.

Berikut adalah image dari struktur bisnis saya yang disajikan dalam bentuk sebuah visual kerja dari BMC.

Sekian penjelasan dari saya tentang Tutorial Business Plan dari Business Model Canvas dengan 9 blocknya, semoga apa yang telah saya berikan disini dapat menjadi ilmu yang bermanfaat untuk anda.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial Business Plan dari Business Model Canvas

Sebelum membahas cara atau langkah dalam membuat Business Plan dari Business Model Canvas , sebaiknya Anda juga mengetahui tiga hal tentang pembuatan Business Plan dari Business Model Canvas yaitu harus dibuat secara ringkas, memiliki visi dan misi yang kuat, serta target audiens yang jelas. Setelah mengetahui tiga hal tersebut, maka Anda bisa mulai membuat Business Plan dari Business Model Canvas. Dalam membuat Business Plan dari Business Model Canvas tentu memiliki elemen-elemen penting yang akan mempengaruhi kualitas Business Plan dari Business Model Canvas itu sendiri. Agar lebih terarah, berikut cara membuat business plan yang baik dan benar. A. Membuat Executive Summary Executive summary atau ringkasan eksekutif adalah bagian penting dari business plan karena berisikan segala hal terkait bisnis yang hendak dijalani. Elemen-elemen yang ada pada executive summary tersebut adalah seperti bisnis apa yang akan dibuat, kapan rencana akan beroperasinya, dimana lokasi bisnis aka...

Digital Marketing

Perkembangan teknologi pada umumnya dan khusunya teknologi digital mengalami perkembangan yang sangat pesat pada dekade terakhir ini, bahkan era terakhir belakangan ini juga disebut sebagai sebutan ’era digital’. Pada era digital seperti ini, manusia secara umum memiliki gaya hidup baru yang tidak bisa dilepaskan dari perangkat yang serba elektronik. Teknologi digital menjadi alat yang mampu membantu sebagian besar kebutuhan manusia.  Teknologi digital digunakan oleh manusia untuk mempermudah melakukan apapun tugas dan pekerjaan. Peran penting teknologi digital inilah yang membawa peradaban manusia memasuki era digital. Definisi Digital Marketing Secara umum, digital marketing adalah sebuah teknik pemasaran suatu produk yang menggunakan ragam media digital dan dapat diakses melalui layanan internet. Pengertian digital marketing, menurut Chaffey (2002:14), adalah sebuah bentuk penerapan dari teknologi digital yang membentuk online channel ke pasar (berbentuk website, e-mail, dan med...

Misi Dalam Berbisnis Kuliner

Misi 1 . Memberikan kemudahan dalam melayani kebutuhan makan masyarakat semua segmen. 2. Menciptakan lapangan pekerjaan baru. 3. Membangun semangat berwirausaha untuk rumah makan. Saya ingin memberikan kemudahan dalam melayani kebutuhan makan masyarkat untuk semua segmen dari mulai masyarakat kelas menengah kebawah hingga masyarakat menengah keatas sehingga semua orang bisa merasakan makan direstoran saya, kemudian ingin membangun rumah makan dengan cabang yang cukup banyak untuk menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat daerah sekitar, dan juga semoga dapat membangun semangat berwirausaha untuk berbisnis rumah makan seperti saya.

Memahami Konsep Business Model Canvas (BMC)

  Sebelum membahas judul ini lebih jauh, kita perlu memahami apa yang dimaksud dengan “Business Model”.  APA ITU BUSINESS MODEL ? Menurut Alexander Osterwalder, Business Model adalah gambaran dasar bagaimana sebuah organisasi membuat, men-deliver dan menangkap value yang ada. Business Model bersifat seperti blueprint/gambaran awal untuk strategi yang akan diimplementasikan ke seluruh organisasi, proses dan sistem. BUSINESS MODEL CANVAS (BMC) Business Model Canvas (BMC) menurut (Osterwalder, 2012) adalah salah satu alat strategi yang digunakan untuk mendeskripsikan sebuah model bisnis dan menggambarkan dasar pemikiran tentang bagaimana organisasi menciptakan, memberikan, dan menangkap nilai. Pengertian Business Model Canvas juga bisa diartikan suatu alat untuk membantu kita melihat lebih akurat rupa usaha yang sedang atau kita akan jalani. Secara sederhananya, Bisnis Model Canvas dapat mengubah konsep bisnis yang rumit menjadi sederhana yang ditampilkan pada satu lembar kanvas ...

Teknik Dan Strategi Pemasaran

  Dalam berbisnis kita diharuskan mempunyai strategi dan teknik dalam melakukan pemasaran terhadap produk yang akan kita jual agar produk yang kita punya bisa berkembang dengan pesat. Strategi pemasaran adalah logika pemasaran, dan berdasarkan itu, unit bisnis diharapkan untuk mencapai sasaran-sasaran pemasarannya. Strategi pemasaran terdiri dari pengambilan keputusan tentang biaya pemasaran dari perusahaan, bauran pemasaran, dan alokasi pemasaran. Prinsip dasar pemasaran yaitu menciptakan nilai bagi langganan (costum value),  keunggulan bersaing (competitive advantages) dan focus pemasaran (focus). Tujuan dari strategi pemasaran antara lain: Meningkatkan kualitas koordinasi kepada tim pemasaran. Mengukur hasil pemasaran menurut standard prestasi yang berlaku. Memberikan dasar yang masuk akal didalam setiap mengambil keputusan. Meningkatkan kemampuan dalam beradaptasi apabila terjadi perubahan dalam pemasaran. Beberapa kegiatan dalam lingkup pemasaran, yakni Pembelian, melakuk...